Cara Hemat Jalan-jalan di Perth, Australia

 

1. Keliling kota dengan CAT bus. Perth memiliki empat CAT bus, yakni Blue CAT, Yellow CAT, Green CAT dan Red CAT. Semua bus ini dapat dinaiki oleh siapa saja tanpa ada harus membayar apa pun. Yap, ini yaitu bus gratis. Setiap bus memiliki maksud sendiri bergantung warnanya semasing. Tetapi pasti ada irisan pada bus yang satu dengan yang lain. Jadi bila kita ingin ke maksud tertentu, perhatikan rute CAT bus (petanya dapat di ambil didalam bus) apakah melalui maksud kita atau kita harus ubah CAT bus warna yang lain. 

 

2. Berbagi makanan. Untuk yang pergi bareng rekan-rekan, berbagi makanan mungkin saja salah satu cara berhemat. Saya pernah makan pho (makanan Vietnam) yang ukurannya mengagumkan besar dan pada akhirnya tidak habis. Di saat yang berbarengan, rekan saya, Asri juga makan pho yang sama dan tidak habis juga. Pada akhirnya menyesal mengapa tidak berbagi makanan. Namun memang harus dicek dahulu sih, seberapa besar porsinya. Karena tidak semua jumlah makanannya besar. 

 

3. Bawa botol air. Yap dari pada keluarkan sekitar 3 AUD untuk ukuran air 600 ml, lebih baik bawa botol air sendiri dan mengisinya dengan tap water dari keran-keran/tap yang menyebar di pusat kota. Sama dengan di Melbourne dan Sydney, di Perth juga cukup aman untuk minum tap water. 

 

4. Pesan tap water di restoran. Karena tap water ini gratis, jadi bila lagi makan di restoran minta saja tap water sebagai peneman makanan kita. 

 

5. Kunjungi beberapa obyek wisata gratis. King's Park, London Court, ruang Hay Street Mall dan Muray Street Mall yaitu beberapa tempat menarik yang dapat kita kunjungi tanpa ada harus keluarkan uang. Oh iya, janganlah lupa juga nonton film gratis di Northbridge Piazza. Wisata tanpa guide memang agak menyulitkan, tetapi dengan Jakarta City Tour Itinerary semuanya jadi lebih mudah karena jadwal Anda sudah tersusun rapi.

 

6. Pergi ke Rottnest Island di hari Selasa. Rottnest Island salah satu lokasi harus kunjung apabila telah berada di Perth. Untuk sampai ke pulau kecil ini kita dapat naik kapal Ferry sekitar 1, 5 jam dari pelabuhan di Perth. Nah agar lebih irit, cobalah deh, pesan di hari Selasa karena khusus di hari ini ada potongan harga. Karena waktu yang terbatas di Perth saya tidak dapat ke Rottnest Island di hari Selasa. Saya pergi di hari Kamis dengan memakai ferry Rottnest Express seharga 119 AUD (ini telah ticket ferry PP Rottnest - Perth dan sewa sepeda untuk keliling pulau). 

 

7. Pergi ke Rottnest Island dari Fremantle. Bila kebetulan kita miliki agenda ke Fremantle, lebih baik ke Rottnest Island-nya dari Fremantle saja. Selain menghemat waktu karena perjalanannya searah, menghemat biaya juga. Ferry + sewa sepeda Fremantle - Rottnest PP hanya 99 AUD, ditambah biaya kereta PP 9 AUD keseluruhan hanya 108 AUD. Lebih murah dari pada pergi dari Perth yang harga nya 119 AUD. Saya saat itu beli ticket ferry PP Perth - Rottnest namun pulangnya berniat turun di Fremantle untuk berjalan-jalan di kota itu. Dari Fremantle saya naik kereta one way ke Perth seharga 4. 5 AUD. 

 

8. Pakai kupon potongan harga. Di buku Hello Perth yang dapat diperoleh gratis di bandara banyak diisi kupon potongan harga untuk restoran, tour dan banyak yang lain. Selain dapat dapat potongan harga, buku ini dapat lumayan untuk berikan deskripsi apa yang dapat kita kerjakan di Perth.

Write a comment

Comments: 4